'/> 100 Soal Latihan Pretest Soal Ppg Guru Sd Siap Cetak

Info Populer 2022

100 Soal Latihan Pretest Soal Ppg Guru Sd Siap Cetak

100 Soal Latihan Pretest Soal Ppg Guru Sd Siap Cetak
100 Soal Latihan Pretest Soal Ppg Guru Sd Siap Cetak
- Kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2018 dalam waktu bersahabat akan segera dilaksanakan pemerintah. Banyak sekali yang terjaring untuk melaksanakan aktivitas ini baik itu Guru Kelas (SD) dan Guru Mata Pelajaran atau Jurusan (SMP, SMA, SMK).

Sebelumnya kami sudah membagikan Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 eksklusif dari Dirjen GTK yang bisa di lihat DISINI. Semua Kisi-Kisi untuk SD, SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB, dan SMALB semua mata pelajaran dan jurusan di Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan tersedia. Bapak dan Ibu tinggal print dan memilah mana Jurusan yang sesuai saja.

 dalam waktu bersahabat akan segera dilaksanakan pemerintah 100 Soal Latihan Pretest Soal PPG Guru SD Siap Cetak


Namun kali ini kami bagikan soal latihannya khusus untuk Guru SD yang kebetulan terjaring untuk melaksanakan PPG di tahun 2018 kini ini. Jumlah soal yang kami bagikan total 100 Soal Pilihan Ganda berikut dengan Kunci Jawaban supaya lebih mudah. hehehe

Soal Latihan PPG Guru SD 2018

Dibawah ini kami sertakan beberapa soal bentuk soal latihan Pretest PPG SD 2018 dari total 100 Soal, silah disimak !!

1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum sanggup berfikir
abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan
perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

2) Seorang anak dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik lisan
(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis
skenario drama/film, fonologi atau suara bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi
pragmatik atau penggunaan mudah bahasa) berdasarkan Howard Gardner anak tersebut
mempunyai kecerdasan ...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3) Untuk mengetahui kemampuan awal penerima didik, seorang pendidik sanggup melaksanakan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang penerima didik
D. tes awal (pre-test)

4) Dalam mengidentifikasi masalah kesulitan berguru sanggup dilakukan dengan metode criterion
referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced yakni ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang sanggup diterima, contohnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.
Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah
sanggup diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan penerima didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan berguru serta mencari siswa
yang mengalami tanda-tanda terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita
kesulitan berguru lainnya )

5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori berguru dan prinsip prinsip
pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan taktik pembelajaran
D. Hanya memakai teknik pembelajaran

6) Salah satu unsur taktik pembelajaran yakni Mengidentifikasi dan menetapkan
spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan
mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan
Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur taktik di atas dalam konteks pembelajaran yakni ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil
sikap dan pribadi penerima didik.
B. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang
paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan
teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan
ukuran baku keberhasilan

7) Yang ditekankan di dalam taktik pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara penerima didik
C. pembelajaran didominasi isyarat dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan memutuskan SKL
berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah
kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka
dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan
antara lain ......
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran memakai pendekatan saintifik, Artinya yaitu........
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga sanggup membantu siswa untuk ,
sanggup membuatkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus
dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih bisa dalam mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling
memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan
pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan
kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan
dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa penerima didik mempunyai posisi
sentral untuk membuatkan kompetensinya semoga menjadi insan yang beriman dan
berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif,
sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan
tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ..........
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

12) Upaya guru dalam memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan
pengalaman berguru yang telah dialami yang paling optimal yakni dengan cara ........
A. Guru memperlihatkan tes atau pekerjaan rumah setiap simpulan pelajaran
B. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat
pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa perihal capaian atau problem berguru yang dihadapi
siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

13) Upaya merancang pengayaan bagi penerima didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam aktivitas guru sebagai berikut ...............
A. Memberikan suplemen materi berupa sumber bimbing dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes suplemen dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan suplemen sumber baaan suplemen yang lebih mendalam dan tingkat
variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan suplemen materi berupa sumber bimbing dari penerbit yang berbeda

14) Yang di maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur pencapaian hasil belajar
penerima didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara penerima didik dan pendidik

15) Bentuk penilaian yang menghendaki penerima didik menampilkan sikap menggunakan
pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan kiprah di sebut
penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

16) Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri,
penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh penerima didik. Adapun instrumen yang di
gunakan dalam penilaian tersebut yakni :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes

17) Lingkup penilaian hasil berguru meliputi kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan,
kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial

itulah kiranya beberapa soal yang bisa kami tuangkan dalam artikel ini, lebih terang dan lengkap, silahkan lihat dahulu preview filenya dibawah ini atau bisa eksklusif di Download melaui link yang sudah tersedia di simpulan artikel ini.

Preview File : 100 Soal Latihan Pretest Soal PPG Guru SD Siap Cetak


Download File :
Advertisement

Iklan Sidebar